Thursday, January 10, 2008

"don't tempt me"

agak lama gw menunda menonton film ini. mungkin karena gw tahu bahwa ini film berat yang kadang sulit dicerna otak gw :) nah berhubung koleksi dvd gw sudah habis, masuklah film ini ke player gw setelah sekian lama. ternyata film ini tdk mengecewakan, "berbeda".

sangat menarik krn menggambarkan Surga dan Neraka layaknya sebuah perusahaan di dunia. ada manager operasional Surga dan Neraka (Gael Garcia Bernal). Surganya bersetting di Perancis dengan bahasa Perancis, dan Neraka berbahasa Inggris bersetting di penjara. Ada yg tahu kenapa Surga dikaitkan dengan bhs Perancis, Neraka dengan bhs Inggris?

kadang gw kagum dgn orang2 yg punya bakat luar biasa untuk berkhayal dan berimajinasi hingga akhirnya menghasilkan film seperti ini.

dikisahkan seorang petinju, Manny, yang diperebutkan oleh "agen" Neraka (Penelope Cruz) dan Surga. perusahaan Surga hampir bangkrut krn sepi pendatang, tapi Neraka selalu penuh. awalnya kedua agen saling bertarung untuk menjebloskan sang korban ke kubunya masing2.

di Neraka ada konspirasi yang coba menjatuhkan sang manager operasional, akhirnya kedua manager dan agen pun berkolaborasi. konspirator coba mengubah Neraka menjadi tempat yang nyaman bagi mereka yang berduit. ini bertentangan dengan manager operasional yang memperlakukan siapa pun sama di neraka, betapa pun kaya atau berkuasa mereka.

lucu saat melihat orang2 yang mengantri masuk ke neraka, ada yg berwajah arab berkostum gamis (mungkinkah ini teroris?), bos IMF (jelas kejahatannya!), dllnya. di neraka orang2 kaya akan dijadikan gelandangan, selebritis jadi bukan siapa-siapa, dan gangster diubah menjadi wanita. dan bisa ditebak dong apa kejahatan penelope? ;D

gw senang dengan hal2 simpel dan kecil bermakna yg terselip di film ini. seperti misalnya, ternyata sang manager adalah J.D. Salinger (penulis The Catcher In The Rye). ini pun tdk digambarkan dengan gamblang. kalau gak nonton dengan serius, pasti akan terlewat. kecuali mereka berdua sama-sama berinisal JD.

entah kenapa J.D. Salinger digambarkan jd manager operasional, tapi mungkinkah karena banyak pembunuh terkenal seperti Mark David Chapman (pembunuh John Lennon), John Hinckley (percobaan pembunuhan Ronald Reagan), Oswald (tahu dong siapa?), Jerry Fletcher (ingat film "Conspiracy Theory"?) terobsesi oleh buku ini? gw sendiri sudah pernah mencoba membaca buku fenomenal ini, tapi untungnya tidak berefek apa2 sm gw. ngerti pun tidak, hehehehe...

pastinya film ini sangat amat berkesan bagi gw, hingga mampu memaksa gw rela menulis blog ini, sedikit browsing untuk mem-backup tulisan ini, dan melewatkan jadwal menonton film malam ini :(

it's definitely a must-see movie.
at least for me ;)

2 comments:

Anonymous said...

keknya menarik. pinjem dong :D

Anonymous said...

chatting, nonton, ngafe, gosip, chatting, nonton, ngafe, gosip... kapan kerjanya!?!? hahahaha :P